Senin, 19 Maret 2018

Kiat-kiat Memilih Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi sebuah unsur prioritas yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Menurut yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih variasi server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Kiat-kiat Memilih Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat menentukan macam server yang cocok untuk usaha  Anda.
Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam empat kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari masing-masing server ini? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini lazim diterapkan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan karena wujudnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh sampai seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai kekuatan cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga mampu tampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, walaupun begitu server jenis ini mempunyai kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menerapkan penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah jenis server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal agar server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa dipercaya setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berakibat pada daya kerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi pekerjaan pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar