Senin, 19 Maret 2018

Kiat-kiat Pilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorDikala mulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi suatu faktor prioritas yang mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang sepatutnya dipikirkan pertama kali sebelum memilih macam server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Kiat-kiat Pilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda


Apakah server akan dipakai untuk kebutuhan rumit, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang tepat untuk jasa  Anda.
Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini umumnya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak dipakai karena bentuknya yang tipis dan mudah dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara 20 hingga seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat melakukan beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki kelebihan tersendiri kalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah model server paling tinggi. Server ini sanggup menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berimbas pada daya kerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak mampu menampung kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar