Rabu, 01 Maret 2017

Bingung Kuota 4G Cepet Abis?? Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kuota 4G Boros!!

IT Solution Indonesia - Saat ini banyak orang yang beralih menggunakan smartphone dengan jaringan 4G dan mulai meninggalkan jaringan 3G. Seperti yang kita ketahui bersama, jaringan 4G memang mendukung koneksi internet yang lancar dan menjadi jaringan komunikasi yang paling umum saat ini. Semuanya hampir menggunakan jaringan 4G baik smartphone, modem, tablet, ipad, dan gadget lainnya. Kemajuan dan perkembangan jaringan 4G yang ada di seluruh dunia benar - benar merajalela. Hanya dalam beberapa dekade, seluruh dunia hampir menggunakan jaringan ini. Terutama jaringan 4G LTE, di Indonesia khususnya. Akan tetapi banyak juga yang bilang kalau jaringan 4G itu boros. Apa bener boros? Ya, betul. Lah, kok? Penasaran? CEKIDOT!!

1. Transfer Data Lebih Gesit


Jaringan 4G yang kita pakai selama ini terkenal lebih cepat dalam urusan mengakses internet dan transmisi data. Berbeda dengan jaringan HSPA+ (3G), 4G lebih cepat dikarenakan menggunakan frekuensi dan intervensi yang lebih rendah serta efisien dibanding jaringan 3G. Nah karena kecepatan memuat datanya yang tanpa lola (loading lama), menjadikan kita semakin nyaman dalam browsing. Kalau orang sudah nyaman, pasti akan ketagihan dan terus - terusan memakainya, kan?


2. Kualitas Video Lebih Jernih



Dengan adanya jaringan 4G menjadikan video yang kita akses lebih baik kualitasnya dibanding menggunakan jaringan 3G. Dan biasanya jarang ada buffering, ini membuat kita lebih nyaman apabila ingin menonton video trailer, film, tutorial, komedi, dan video jenis lainnya. Karena bisa streaming dengan lancar tanpa ngadat dan dengan kualitas video yang tinggi (HD), ini juga membuat kita menjadi ketagihan menonton video apapun. Karena itulah kuota 4G jadi boros, dengan video HD kita semakin dimanjakan oleh 4G. 

Namun justru membuat kuota kita cepet abis, karena tahu sendiri kalau nonton video itu nyedot kuota yang banyak. Cara mengatasinya adalah kita harus mengatur setelan kualitas video yang kita tonton baik itu di Youtube, Netflix, Daily Motion, dan lain - lain. Minimal resolusinya kita turunkan di kisaran 360p - 520p.

3. Internetan Gampang Tanpa Lemot



Jaringan 4G benar - benar mengakomodasi penggunanya dengan pelayanan koneksi internet yang tanpa ngelag. Semuanya benar - benar cepat, contohnya kalau kita cari berita di Detik, kalau udah selesai baca terus klik berita lainnya akan langsung muncul dalam sekejap. Makanya ga heran kalau kita jadi kecanduan browsing


4. Bonus Kuota 4G Berlimpah Ruah




Bagi kalian yang sering menggunakan 4G, pasti diberikan bonus kuota baik limited maupun unlimited. Karena banyaknya bonus yang seringkali ditawarkan oleh penyedia jaringan 4G seperti Indosat, Telkomsel, XL, Axis, dan lainnya membuat kita serasa kaya kuota. Padahal tanpa kita sadari, kuota kita jadi abis karena efek kecanduan dan lupa daratan. Browsing terus,  chattingan, main game terus, jadi habislah kuota kita.



5. Terlalu Nafsu Gadget



Dengan canggihnya jaringan 4G, kita jadi terlalu berambisi dan bernafsu ingin mencoba segala - galanya dengan kuota kita. Apapun kita coba dan kita akses, baik itu berita, hiburan, kesehatan, bisnis, dan lain - lain. Hal ini membuat kita jadi rakus browsing sehingga menyebabkan kuota boros.
Maka dari itu, janganlah terlalu fokus pada dunia maya dan gadget sehingga melupakan dunia nyata di sekitar kita. 

Itulah lima hal yang menyebabkan kuota 4G jadi boros. Walaupun diklaim cepat, jaringan 4G bisa jadi lemah apabila jauh dari menara BTS dan diujicoba di lokasi terpencil. Oleh karena itu, jangan terlalu fokus dengan jaringan 4G. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita temukan secara langsung di lingkungan sekitar kita. Kecanduan gadget dan browsing juga membuat kita jadi apatis dan egois akan lingkungan sekitar.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar