Rabu, 14 Maret 2018

Kiat-kiat Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaPada saat mulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini bisa menjadi suatu unsur utama yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih jenis server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan kompleks, sedang, atau sebatas diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang sesuai untuk jasa  Anda.

Kiat-kiat Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diaplikasikan karena wujudnya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai pc antara 20 hingga seratus orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat melakukan beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa mengerjakan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, membatasi metode pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih cepat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun demikian server model ini memiliki keunikan tersendiri kalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu mengaplikasikan suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web berita, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi secara financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar