Selasa, 04 April 2017

APA ITU CLOUD COMPUTING ?

VIBICLOUD – Cloud computing adalah komputasi awan yang merupakan gabungan dari pemanfaatan beberapa teknologi komputer yang dikembangkan dengan berbasis internet.  Dapat dikatakan jika cloud merupakan metafora dari internet karena awan sering digambarkan dalam diagram jaringan komputer.
Mungkin saja tanpa sadar Anda atau perusahaan Anda sudah memanfaatkannya. Artikel ini akan membahas kegunaan utam dari cloud computing agar Anda dapat memanfaatkannya.

Berikut kegunaan utama cloud computing 

Lingkungan terbaik untuk pengujian atau pengembangan. Dengan menggunakan cloud perusahaan Anda akan menghemat dana, tidak perlu membangun lingkungan yang dibutuhkan untuk pengembangan, waktu dan tenaga. Seiring dengan perkembangan saati ini, hanya dengan sentuhan beberapa jari dan bantuan cloud, lingkungan pengujian yang Anda atau perusahaan Anda inginkan sudah tersedia sesuai dengan keinginan. Anda hanya perlu melakukan instalasi dan konfigurasi platform yang sesuai dengan pengujian atau pengembangan yang akan dilakukan.

Analisis big data. Internet tidak hanya mengubah perilaku sosial manusia mlainkan juga memberikan informasi dan data pada masyarakat. Hal ini tentu saja menguntungkan karena sekarang cukup dengan beberapa sentuhan jari Anda akan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk pengembangan perusahaan Anda seperti target audience atau target market Anda. Data tersebut yang kemudian Anda akan anilisa. Solusinya, daripada menambah perangkap dalam menyelesaikan analisa tersebut, dengan menggunakan cloud lingkungan data kemungkinan tidak terbatas.


Ruang penyimpanan dokumen. Jika Anda atau perusahaan Anda nmembutuhkan skabilitas, kecepatan, kemudahan serta keamanan yang terjamin maka cloud pilihannya dengan ruang penyimapanan terbaik. Cloud dapat dikatakan seperti kolam data tanpa batas.

Back up dan pemulihan setelah bencana. Demi kebaikan perusahaan dan Anda jangan penah lupa untuk memback-up data penting perusahaan. Ada baiknya Anda mempertimbangkan hal ini jika terjadi bencana karena kita tidak pernah tahu kemungkinan di masa depan. Menyimpan atau memback-up data penting perusahaan di cloud tidak akan terganggu apabila bencana alam terjadi dan seluruh perangkat pada perusahaan Anda rusak hingga tidak bisa diperbaiki. Yang Anda butuhkan hanya perangkat baru yang tersambung dengan internet untuk mendapatkan semua data yang Anda butuhkan. 

Demikianlah hal-hal yang harus Anda ketauhi mengenai Cloud Computing. Semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar